Senin, 14 Januari 2013

ilmu pengetahuan alam



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester          : V (Lima) / II (Dua)
Alokasi Waktu            : 2 x 35 Menit


I.       STANDAR KOMPETENSI
Memahami perubahan yang terjadi di alam dan mengaitkannya dengan penggunaan sumber daya alam.

II.    KOMPETENSI DASAR
Menyimpulkan bahwa makhluk hidup menggunakan sumber daya alam yang berasal dari bumi dan matahari.

III. INDIKATOR
a.       Mengidentifikasi beberapa jenis sumber daya alam yang digunakan di Indonesia..
b.      Membedakan antara sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan yang tidak dapat diperbaharui.

IV. TUJUAN PERBAIKAN
Melalui penggunaan pendekatan Active Learning, diharapkan :
·         Siswa mampu mengidentifikasi beberapa jenis sumber daya alam yang digunakan di Indonesia, misalnya : mineral, air, tumbuhan, hewan dan sinar matahari.
·         Siswa mampu membedakan antara sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan yang tidak dapat diperbaharui.



V.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.      Kegiatan Awal (± 10 Menit)
·         Mengkondisikan siswa ke situasi belajar
·         Mengadakan tanya jawab sebagai apersepsi

b.      Kegiatan Inti (45 Menit)
·         Memberikan penjelasan singkat tentang sumber daya alam
·         Membagikan lembar pengamatan siswa.
·         Siswa mengamati, menyimak penjelasan singkat dan demonstrasi sumber daya alam.
·         Siswa melaksanakan diskusi kelompok.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan.
·         Siswa melaporkan hasil kerja kelompoknya masing-masing.
·         Mengadakan Evaluasi.

c.       Kegiatan Akhir (15 Menit)
·         Siswa dan Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Memberikan umpan balik dan tinjak lanjut.
·         Memberikan tugas / PR
·         Pemajangan hasil kerja siswa

VI. ALAT DAN SUMBER PELAJARAN
a.       Alat Pelajaran :
Minyak bumi, batu-batuan, Flora dan Fauna, Kartu macam-macam sumber daya alam.
b.      Sumber Pelajaran :
-          Buku Sains Untuk Sekolah Dasar Kelas V
-          KTSP 2006

VII.          METODE PEMBELAJARAN
·         Ceramah
·         Demonstrasi
·         Observasi dan Diskusi
·         Tugas

VIII.       EVALUASI
a.       Prosedur Test : Test akhir
b.      Jenis Test         :
-          Test lisan dilakukan pada saat proses belajar
-          Test tertulis
c.       Alat Test         : Butir Soal dan LKS (terlampir)



Mengetahui,
Kepala SDN Palembang 2




OIM ABDURROHIM, SS., MM.Pd.
NIP. 19600405 198305 1 001
Cisata,    Oktober 2010

Praktikan,




MULYANAH
NIM. 818 820 018











SOAL EVALUASI

Mata Pelajaran
: IPA / SAINS
Skor
Paraf Guru
Kelas / Semester
: V (Lima) / II (Dua)




Nama Siswa
: ……………………………………


Petunjuk !
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar !

1.      Apakah yang dimaksud dengan Sumber Daya Alam ?
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
2.      Sebutkan 4 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui !
1)………………………………………………………………………………
2)………………………………………………………………………………
3)………………………………………………………………………………
4)………………………………………………………………………………
3.      Sebutkan 4 contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui !
1)………………………………………………………………………………
2)………………………………………………………………………………
3)………………………………………………………………………………
4)………………………………………………………………………………





KUNCI JAWABAN

1.      Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.
2.      Sumber daya alam yang dapat diperbaharui :
1)      Hewan
2)      Tumbuhan
3)      Air
4)      Udara
5)      Sinar matahari
3.      Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui :
1)      Batu bara
2)      Minyak bumi
3)      Emas
4)      Tembaga
5)      Berbagai jenis logam dan barang tambang

Keterangan :
Untuk jawaban soal nomor 3 dan 4 disesuaikan kepada kemampuan siswa.


KRITERIA PENILAIAN

1.      Banyak soal = 3 buah soal
2.      Bobot nilai soal
·         Soal nomor 1                           = 2
·         Soal nomor 2 dan 3                 = 4
3.      Skor maksimum = 10 dan skor minimum = 0
4.      Cara menentukan Nilai Akhir (NA) :
NA      =  Skor Perolehan        X 100
                Skor Maksimum

LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran            : IPA / SAINS
Kelas / Semester          : V (Lima) / II (Dua)

Petunjuk !
1.      Amatilah lembar kerja yang telah dibagikan oleh Guru !
2.      Diskusikanlah dengan teman sebangkumu !
3.      Kerjakanlah soal-soal di bawah ini !

1.      Berikut ini adalah berbagai benda yang dibutuhkan manusia :
- Panci
- Wajan
- Talenan
- Pisau
- Baju
- Celana panjang
- Jas hujan
- Kain sutra
- Nasi
- Kecap
- Ikan
- Tahu
a.             Tuliskan benda-benda yang berasal dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui, kemudian berikan alasanmu !
……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
b.            Tuliskan benda-benda yang berasal dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, kemudian berikan alasanmu !
……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
2.      Rizka mencuci sepatunya yang kotor sampai bersih. Kemudian, Rizka menjemur sepatunya hingga kering.
Dalam kegiatan itu, Rizka memanfaatkan berbagai sumber daya alam.
Sebutkan sumber daya alam apa saja yang dimanfaatkan oleh Rizka !
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
3.      Isilah tabel berikut dengan memeberi tanda ( Ö ) pada kolom yang sesuai !
Tabel Sumber Daya Alam
No
Sumber Daya Alam
Dapat diperbaharui
Tidak dapat diperbaharui
1
Bensin
……………
……………
2
Beras
……………
……………
3
Emas
……………
……………
4
Aspal
……………
……………
5
Susu Sapi
……………
……………

KELOMPOK             : ……………….
Nama Anggota :
1. …………………………………
2. …………………………………
3. …………………………………
4. …………………………………
Skor
Paraf Guru








LEMBAR OBSERVASI

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester          : V (Lima) / II (Dua)
Fokus Observasi          : Proses Pembelajaran


NO
ASPEK YANG DIOBSERVASI
ADA
TIDAK ADA
KOMENTAR

ASPEK GURU
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Pembelajaran Kelas
Persiapan
Pembelajaran
Penjelasan guru
Apersepsi
Evaluasi
Alat peraga
Kesesuaian waktu
Kesesuaian metoda
Penilaian

Penjelasan :
-          Jangan terlalu cepat dalam menyampaikan materi, supaya dapat dimengerti oleh siswa.
-          Gunakan alat peraga yang relevan.

ASPEK SISWA (KERJA KELOMPOK)
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
Mengerjakan tugas kelompok
Bercanda dalam kelompok
Siswa keluar masuk kelas
Pasif dalam kelompok
Berani bertanya
Perilaku siswa dalam kelompok
Motivasi siswa belajar kelompok




Siswa harus sring dikontrol dalam mengerjakan tugas kelompok.




Mengetahui,
Kepala SDN Palembang 2




OIM ABDURROHIM, SS., MM.Pd.
NIP. 19600405 198305 1 001
Cisata,    Oktober 2010

Praktikan,




MULYANAH
NIM. 818 820 018





CATATAN HARIAN

Pertemuan ke              : ……………………
Siklus ke                      : ……………………
Hari Tanggal               : ……………………
Pukul                           : ……………………

I.       Penguasaan Konsep
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………

II.    Relevansi Materi Pelajaran dengan Metode Pembelajaran
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………

III. Diskusi / Lain-lain
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar