RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : V (Lima) / II (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x 35
Menit
I. STANDAR KOMPETENSI
Memahami perubahan yang terjadi di alam dan mengaitkannya dengan
penggunaan sumber daya alam.
II. KOMPETENSI DASAR
Menyimpulkan bahwa makhluk hidup menggunakan sumber daya alam yang
berasal dari bumi dan matahari.
III. INDIKATOR
a.
Mengidentifikasi beberapa jenis sumber daya alam yang
digunakan di Indonesia..
b.
Membedakan antara sumber daya alam yang dapat diperbaharui
dengan yang tidak dapat diperbaharui.
IV. TUJUAN PERBAIKAN
Melalui penggunaan pendekatan Active Learning, diharapkan :
·
Siswa mampu mengidentifikasi beberapa jenis
sumber daya alam yang digunakan di Indonesia, misalnya : mineral, air,
tumbuhan, hewan dan sinar matahari.
·
Siswa mampu membedakan antara sumber daya alam
yang dapat diperbaharui dengan yang tidak dapat diperbaharui.
V. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal (± 10 Menit)
·
Mengkondisikan siswa ke situasi belajar
·
Mengadakan tanya jawab sebagai apersepsi
b. Kegiatan Inti (45 Menit)
·
Memberikan
penjelasan singkat tentang sumber daya alam
·
Membagikan lembar pengamatan siswa.
·
Siswa
mengamati, menyimak penjelasan singkat dan demonstrasi sumber daya alam.
·
Siswa melaksanakan diskusi kelompok.
·
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan.
·
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan.
·
Siswa melaporkan hasil kerja kelompoknya
masing-masing.
·
Mengadakan Evaluasi.
c. Kegiatan Akhir (15 Menit)
·
Siswa
dan Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
·
Memberikan
umpan balik dan tinjak lanjut.
·
Memberikan tugas / PR
·
Pemajangan hasil kerja siswa
VI. ALAT DAN SUMBER PELAJARAN
a.
Alat Pelajaran :
Minyak bumi, batu-batuan, Flora dan Fauna, Kartu
macam-macam sumber daya alam.
b.
Sumber Pelajaran :
-
Buku Sains Untuk Sekolah Dasar Kelas V
-
KTSP 2006
VII.
METODE
PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Demonstrasi
·
Observasi dan Diskusi
·
Tugas
VIII. EVALUASI
a.
Prosedur Test :
Test akhir
b.
Jenis Test :
-
Test
lisan dilakukan pada saat proses belajar
-
Test tertulis
c.
Alat Test :
Butir Soal dan LKS (terlampir)
Mengetahui,
Kepala SDN Palembang 2
OIM ABDURROHIM, SS., MM.Pd.
NIP. 19600405
198305 1 001
|
Cisata,
Oktober 2010
Praktikan,
MULYANAH
NIM. 818 820 018
|
SOAL EVALUASI
Mata Pelajaran
|
: IPA / SAINS
|
Skor
|
Paraf
Guru
|
Kelas / Semester
|
: V (Lima) / II (Dua)
|
|
|
Nama Siswa
|
: ……………………………………
|
Petunjuk !
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. Apakah yang dimaksud dengan Sumber Daya
Alam ?
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
2.
Sebutkan 4 contoh sumber daya alam yang dapat
diperbaharui !
1)………………………………………………………………………………
2)………………………………………………………………………………
3)………………………………………………………………………………
4)………………………………………………………………………………
3.
Sebutkan 4 contoh sumber daya alam yang tidak dapat
diperbaharui !
1)………………………………………………………………………………
2)………………………………………………………………………………
3)………………………………………………………………………………
4)………………………………………………………………………………
KUNCI JAWABAN
1.
Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal
dari alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.
2. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui :
1)
Hewan
2)
Tumbuhan
3)
Air
4)
Udara
5)
Sinar matahari
3. Sumber daya alam yang tidak dapat
diperbaharui :
1)
Batu bara
2)
Minyak bumi
3)
Emas
4)
Tembaga
5) Berbagai jenis logam dan barang tambang
Keterangan
:
Untuk jawaban soal nomor 3 dan 4 disesuaikan
kepada kemampuan siswa.
KRITERIA PENILAIAN
1.
Banyak soal = 3 buah soal
2.
Bobot nilai soal
·
Soal nomor 1 =
2
·
Soal nomor 2 dan 3 = 4
3. Skor maksimum = 10 dan skor minimum = 0
4. Cara menentukan Nilai Akhir (NA) :
NA = Skor Perolehan X 100
Skor Maksimum
LEMBAR KERJA SISWA
Mata Pelajaran : IPA /
SAINS
Kelas / Semester : V (Lima) /
II (Dua)
Petunjuk !
1. Amatilah lembar kerja yang telah dibagikan
oleh Guru !
2. Diskusikanlah dengan teman sebangkumu !
3. Kerjakanlah soal-soal di bawah ini !
1.
Berikut ini adalah berbagai benda yang dibutuhkan
manusia :
- Panci
- Wajan
- Talenan
- Pisau
|
- Baju
- Celana panjang
- Jas hujan
- Kain sutra
|
- Nasi
- Kecap
- Ikan
- Tahu
|
a.
Tuliskan
benda-benda yang berasal dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui,
kemudian berikan alasanmu !
……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
b.
Tuliskan
benda-benda yang berasal dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui,
kemudian berikan alasanmu !
……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
2.
Rizka
mencuci sepatunya yang kotor sampai bersih. Kemudian, Rizka menjemur
sepatunya hingga kering.
Dalam kegiatan
itu, Rizka memanfaatkan berbagai sumber daya alam.
Sebutkan
sumber daya alam apa saja yang dimanfaatkan oleh Rizka !
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
3. Isilah tabel berikut dengan memeberi tanda
( Ö ) pada kolom yang sesuai !
Tabel Sumber
Daya Alam
No
|
Sumber Daya Alam
|
Dapat diperbaharui
|
Tidak dapat
diperbaharui
|
1
|
Bensin
|
……………
|
……………
|
2
|
Beras
|
……………
|
……………
|
3
|
Emas
|
……………
|
……………
|
4
|
Aspal
|
……………
|
……………
|
5
|
Susu Sapi
|
……………
|
……………
|
KELOMPOK : ……………….
Nama Anggota :
|
1. …………………………………
2. …………………………………
3. …………………………………
4. …………………………………
|
Skor
|
Paraf Guru
|
|
|
|
LEMBAR OBSERVASI
Mata Pelajaran
: Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
V (Lima) / II (Dua)
Fokus
Observasi : Proses Pembelajaran
NO
|
ASPEK YANG
DIOBSERVASI
|
ADA
|
TIDAK ADA
|
KOMENTAR
|
ASPEK GURU
|
||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
Pembelajaran
Kelas
Persiapan
Pembelajaran
Penjelasan guru
Apersepsi
Evaluasi
Alat peraga
Kesesuaian
waktu
Kesesuaian
metoda
Penilaian
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
|
Penjelasan :
-
Jangan
terlalu cepat dalam menyampaikan materi, supaya dapat dimengerti oleh siswa.
-
Gunakan alat peraga yang relevan.
|
ASPEK SISWA (KERJA KELOMPOK)
|
||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Mengerjakan tugas kelompok
Bercanda dalam kelompok
Siswa keluar masuk kelas
Pasif dalam kelompok
Berani bertanya
Perilaku siswa dalam kelompok
Motivasi siswa belajar kelompok
|
√
√
√
√
|
√
√
√
|
Siswa harus
sring dikontrol dalam mengerjakan tugas kelompok.
|
Mengetahui,
Kepala SDN Palembang 2
OIM ABDURROHIM, SS., MM.Pd.
NIP. 19600405
198305 1 001
|
Cisata,
Oktober 2010
Praktikan,
MULYANAH
NIM. 818 820 018
|
CATATAN HARIAN
Pertemuan ke : ……………………
Siklus ke : ……………………
Hari Tanggal : ……………………
Pukul : ……………………
I. Penguasaan
Konsep
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
II.
Relevansi Materi
Pelajaran dengan Metode Pembelajaran
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
III. Diskusi
/ Lain-lain
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar